Senin, 10 Agustus 2015

Kebiasaan Bersih Memakai Lensa

Kebiasaan Bersih Memakai Lensa - Memakai lensa kontak mata memang bisa membantu penglihatan menjadi lebih jelas. Akan tetapi, jangan lupakan kebersihan saat memakainya. Jika tidak, lensa kontak tak akan bermanfaat bagi mata tapi malah menyebabkan infeksi mata.

Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, infeksi mata sering kali terjadi karena kebiasaaan buruk memakai lensa kontak. Dari 1000 responden yang mengenakan lensa kontak, 99 persen memiliki risiko tinggi mengalami infeksi mata.

Contoh kebiasaan buruk itu antara lain, sebanyak 85 persen mengaku tetap mengenakan lensa kontaknya saat mandi, 61 persen tak melepas lensa kontak saat berenang, dan 35 persen responden mengaku sering membilas lensa kontak dengan air.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, kebiasaan tersebut bisa meningkatkan risiko infeksi mata karena adanya mikroorganisme yang hidup di air dapat berpindah ke mata melalui lensa kontak.

Kebiasaan buruk lainnya, yaitu tak melepas lensa kontak saat tidur. Akibat kebiasaan buruk ini sejumlah pengguna  lensa kontak mengaku mengalami nyeri pada mata dan kemerahan pada mata. Penggunaan lensa kontak yang tidak hati-hati juga bisa merusak kornea mata.

"Puluhan juta orang dewasa di AS mendapatkan manfaat dari memakai lensa kontak, tapi banyak dari mereka justru berisiko mengalami komplikasi pada mata karena perilaku memakai dan perawatan yang buruk," tulis para peneliti dalam jurnal CDC Morbi.

Untuk mencegah infeksi mata, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengimbau masyarakatnya untuk selalu mencuci tangan sampai bersih sebelum menyentuh lensa kontak. Lepaslah lensa kontak setiap sebelum tidur, mandi, dan berenang. Untuk membersihkan lensa kontak, selalu gunakan desinfektan, jangan dengan air biasa Kebiasaan Bersih Memakai Lensa